Minggu, 06 Juni 2010

Pola Makan Sehat Bagi Seseorang yang Aktif


Seseorang yang memiliki jadwal padat sering kali lupa akan makan sehingga pola makannya pun menjadi tidak teratur.Berikut merupakan pola makan sehat yang dapat diterapkan :

Ø Mengonsumsi sayur

Makan makanan yang kaya akan serat dan buah dengan kandungan kolesterol rendah dapat mengurangi resiko kanker, seperti sayuran berdaun hijau, labu kuning, wortel, brokoli, tomat, bawang putih dan bawang bakung

Ø Kurangi lemak

Saran pengaturan diet adalah untuk menururnkan asupan jumlah lemak hingga 30% dari lemak. Sumber lemak adalah keju atau margarin, minyak goring, daging dan semua produk susu. Jika ingin memakai minyak, pakailah minyak zaitun. Jangan sama sekali menghindari lemak, karena lemak juga dibutuhkan oleh tubuh.


Pukul 06.00 Pagi

§ Biasakan untuk mengonsumsi secangkir susu hangat di pagi hari. Kandungan kalsium dan vitamin D pada susu terbukti dapat menangkal berbagai penyakit, termasuk osteoporosis.

§ Multivitamin atau suplemen memiliki manfaat cukup tinggi. Teratur mengonsumsinya setiap hari membuat tubuh tahan tehadap penyakit jantung dan kanker.

§ Sarapan dengan sereal bagus, karena kandungan seratnya tinggi, meski dikonsumsi dalam porsi kecil sekalipun.

§ Jika menderita nyeri lambung, sebelum beraktivitas baiknya minum obat maag yang bekerja untuk menetralisirkan kelebihan asam lambung sekaligus mengurangi produksi asam lambung.

§ Banyak minum air putih, karena kekurangan mineral dapat menyebabkan tubuh mudah letih, kurang konsentrasi dan sakit kepala.


Pukul 08.00 Pagi

Jangan lupa menyediakan makanan ringan seperti biskuit. Sebungkus camilan biskuit cukup efektif untuk menghindari perih lambung. Perut yang kosong terlalu lama, produksi asam lambung akan meningkat dan bias menimbulkan rasa perih, mulai dan nyeri pada ulu hati.


Pukul 12.00 Siang

Makan siang baik untuk memulihkan stamina dan menambah energi untuk melanjutkan aktivitas. Untuk menu makan siang sebaiknya memilih menu yang saraf gizi dan mengandung cukup karbohidrat, serat, protein dan lemak seperti nasi, daging, kentang, telur dan sayuran. Hindari makanan terlalu asam dan pedas.


Pukul 05.00 Sore

Roti gandum pilihan yang baik untuk mengisi perut. Selain dapat menahan rasa lapar, roti gandum juga memberi energi tambahan. Setelah itu lanjutkan dengan makan malam. Namun jangan pilih karbohidrat terlalu banyak karena akan meningkatkan kadar kolesterol.


Sumber : Majalah Wanita Kartini edisi 2261

Tidak ada komentar: