Jumat, 04 Juni 2010

Fobia Sekolah part II


Fobia sekolah yang berkaitan dengan fobia sosial, beberapa anak mengidap generalized anxiety disorder (gangguan kecemasan tergeneralisir), yang tidak difokuskan kepada salah satu bagian kehidupan mereka, seperti sekolah atau relasi social. Anak-anak ini mencemaskan segala hal ; kenaikan kelas, tepat waktu, perang atau gempa bumi. Kecemasan mereka tampaknya terpisah dari prestasi mereka. Mereka cenderung menjadi perfeksionis, konformis, dan peragu. Mereka menacri persetujuan dan membutuhkan penguat yang bersifat kostan. Yang jarang terjadi adalah obsessive-compulsive disorder yaitu para penderitanya terobsesi oleh pemikiran yang berulang yang mengganggu, gambaran atau impuls dan sering kali menunjukkan perilaku yang kompulsif seperti mencuci tangan berulang kali, sebagai usahanya untuk lepas dari obsesi ini.


Semua gangguan kecemasan itu termasuk diantaranya masalah kesehatan mental yang tersebar luas di kalangan anak dan remaja di A.S dan terus meningkat dengan cepat. Anak A.S normal pada 1980-an dilaporkan lebih cemas dibandingkan dengan anak-anak yang berada di bawah perawatan psikiatri pada 1950-an. Alasannya berhubungan dengan kondisi social pada saat itu, seperti meningkatnya perceraian dan kriminalitas, serta penurunan umum keterhubungan (connectedness). Perasaan anak dan remaja terhadap masalah ini lebih tajam dibandingkan dengan orang dewasa. Temuan ini menggaris bawahi nilai penting kelompok teman sebaya dan lingkungan sosial yang lebih luas dalam perkembangan yang emosional.


Gangguan kecemasan pada anak perempuan dua kali lipat dibandingkan anak laki-laki. Kerapuhan perempuan terhadap kecemasan yang semakin meninggi dimulai pada usia 6 tahun. Anak perempuan juga dapat mudah depresi, yang mirip dengan kecemasan pada saat-saat tertentu dan sering kali berjalan beriringan. Kecenderungan untuk khawatir dan depresi mungkin bersumber dari pengalaman sebelmunya yang membuat anak kehilangan control terhadap apa yang terjadi di sekeliling mereka.


Daftar Puataka :

Papalia, Diane E. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Tidak ada komentar: