Jumat, 04 Juni 2010

Kecemasan Anak dengan Orangtua ketika Masuk Sekolah

Setiap anak suatu saat pasti akan mengalami yang namanya kecemasan akan perpisahan. Mulai usia tujuh bulan sampai tahun – tahun prasekolah, mereka memperlihatkan kecemasan tinggi di saat terpisah dari orang tuanya. Anak yang cerdas sekalipun akan mengalami rasa takut dan kecemasan. Kecemasan akan perpisahan ini salah satunya adalah perpisahan anak ketika berada di sekolah, karena sudah tidak ada orang tua yang akan melindunginya. Berikut beberapa cara agar anak tidak mengalami kecemasan, yaitu :

  • Kunjungi sekolanya terlebih dahulu, agar dapat mengetahui situasi dan kondisi sekolah
  • Saat berkunjung, perkenalkan ia terhadap hal-hal yang ada disekolah, misal guru-guru, ruangan kelas, ruangan perpustakaan.
  • Biasakan mengucapkan selamat tinggal, pelukan atau ciuman terhadap anak sebelum meninggalkannya serta yakinkan bahwa orang tua akan menemani dan menjemputnya setelah pulang sekolah.


Paling baik mulai memisahkan diri darinya sejak usia dini, ia akan terbiasa dengan keadaan dan orang baru. Namun apabila masa tersebut telah terlewatkan, membiarkan anak melewatkan waktu cukup banyak untuk membiasakan diri dan merasa nyaman bersama orang baru, sementara orang tua masih berada di dekatnya. Hal ini akan sangat mengurangi ketakutan anak ketika ia benar-benar ditinggalkan seorang diri bersama orang baru.

Tidak ada komentar: