Rabu, 21 April 2010

Tes Orientasi Kehidupan

Tulislah angka sesuai kode dibawah pada baris kosong yang tersedia. Kemudian sesuaikan dengan kunci nilai yang ada.

1.____ Pada waktu-waktu yang tiak menentu, saya biasanya mengharapkan yang terbaik.

2.____ Bagi saya, bersantai itu hal yang mudah

3.____ Apabila saya berpikir bahwa hal yang salah dapat terjadi pada diri saya, biasanya hal yang salah tersebut akan terjadi

4.____ Saya selalu melihat sisi positif/baik dari segala sesuatu

5.____ Saya selalu optimis akan masa depan saya

6.____ Saya sangat menikmati pergaulan dengan teman-teman saya

7.____ Penting untuk saya agar selalu sibuk

8.____ Saya hampir tidak pernah mengharapkan sesuatu berjalan sesuai keinginan saya

9.____ Segala sesuatu tidak pernah berjalan mulus seperti yang saya inginkan

10.___ Saya tidak mudah marah

11.___ Saya adalah termasuk orang yang percaya akan “Dalam seyiap medung selalu ada secercah cahaya”

12.___ Saya jarang mengharapkan bahwa akan ada hal-hal baik yang akan menimpa saya.

Penilaian :

4 = sangat setuju

3 = setuju

2 = netral

1 = tidak netral

0 = sangat tidak setuju

Setelah melakukan penilaian, skor untuk item 3, 8, 9, dan 12 yaitu :

4 diubah menjadi 0

3 diubah menjadi 1

2 tetap

1 diubah menjadi 3

0 diubah menjadi 4

Sekarang jumlahkan angka-angka item dari 1, 3, 4, 5, 8, 9, 11 dan 12 (item 2, 6, 7, dan 10 hanya sekedar pelengkap, dan tidak dinilai pada tes ini. Skor bervariasi antara 0 sampai 32.

Jika skor di atas 26 berarti memiliki optimsitik yang baik, skor 16-26 memiliki optimistik yang sedang/rata-rata, sedangkan jika skor yang dihasilkan di bawah 16 maka seseorang tidak memiliki optimistik alias pesimistik.

Daftar Pustaka :

Nevid, Jeffrey S, dkk. (2005). Psikologi Abnormal. Jakarta : Gelora Aksara Pratama.

Tidak ada komentar: