Kamis, 08 April 2010

Gangguan Pervasif

Gangguan Perkembangan Pervasif (Pervasive Developmental Disorders /PDD) terdiri dari beberapa jenis di antaranya adalah :

1. Autism

2. Aspergers

3. Reets

4. Childhood Disintegrative Disorder (CDD)

5. Gangguan pervasive opada masa kanak-kanak (Pervasive Developmental Disorder) or Not Otherwise Specified (PDD:NOS)

1. Autism

o Ketidakmampuan bersosialisasi dan berkomunikasi. serta mempunyai minat dan aktifitas yang terbatas tanpa adanya keterlambatan dalam kemampuan berbicara. Kecerdasannya berada pada tingkat normal atau diatas normal.

o Sampai dengan umur 3 tahun mempunyai daya imajinasi yang tinggi dalam bermain dan mempunyai perilaku, minat dan aktifitas yang unik (aneh).

o Terdapat enam gejala Autism yaitu kegagalan untuk mengembangkan kehidupan sosial normal, gangguan bicara, bahasa dan komunikasi, abnormal relationships to objects and events, respon tidak normal terhadap stimulasi sensoris, perbedaan perkembangan dan keterlambatan perkembangan, dimulai selama usia bayi atau anak

2. Sindrom Asperger’s

o Asperger’s Syndrome gejala khas yang timbul adalah gangguan interaksi sosial ditambah gejala keterbatasan dan pengulangan perilaku, ketertarikan dan aktifitasis.

o Mempunyai gangguan kualitatif dalam interaksi sosial, sedikitnya dua gejala dari itu ditandai dengan gangguan penggunaan beberapa komunikasi non verbal (mata, pandangan, ekspresi wajah, sikap bada, gerak isyarat)

o Tidak bisa bermain dengan anak sebaya. Gangguan dalam menikmati minat atau keberhasilan kurangnya hubungan sosial dan emosional

3. Sindrom Rett’s

o Sindrom Rett adalah penyakit degeneratif, ketidakmampuan yang semakin hari semakin parah (progresif).

o Hanya menimpa anak perempuan. Pertumbuhan normal lalu diikuti dengan kehilangan keahlian yang sebelumnya telah dikuasai dengan baik, khususnya kehilangan kemampuan menggunakan tangan yang kemudian berganti menjadi pergerakan tangan yang berulang ulang (seperti mencuci tangan) mulai pada umur 1 hingga 4 tahun.

o Gejala dapat dimulai usia 6 bulan hingga usia 18 bulan

o Pertumbuhan kepala lambat

o Kehilangan kemampuan menggunakan gerakan tangan

o Berkembang seperti gejala khas autism

4. Gangguan Disintegratif pada Anak-anak (Childhood Disintegrative Disorder/CDD)

o Pertumbuhan yang normal pada usia 1 sampai 2 tahun kemudian kehilangan kemampuan yang sebelumnya telah dikuasai dengan baik.

o Anak berkembang normal dalam usia 2 tahun pertama (seperti : kemampuan kominukasi, sosial, bermain dan perilaku), namun secara bermakna kemampuan itu terganggu sebelum usia 10 tahun, yang tergangggu diantaranya adalah kemampuan bahasa, kemampuan sosial, kemampuan buang air besar dan buang air kecil di toilet, bermain, kemampuan motorik

o Gejala tambahan, menunjukkan fungus abnormal sedikitnya dua hal dari :Interaksi sosial

o Komunikasi Pola perilaku terbatas : perhatian dan aktifitas

5. Gangguan Perkembangan Pervasif (Pervasive Developmental Disorder – Not Otherwise Specified/PDD-NOS)

o Biasa disebut Autis yang tidak umum dimana diagnosis PDD-NOS dapat dilakukan jika anak tidak memenuhi kriteria diagnosis yang ada (DSM-IV) akan tetapi terdapat ketidakmampuan pada beberapa perilakunya.

Daftar Pustaka :

www.childrenautismcclinic.wordpress.com

2 komentar:

Unknown mengatakan...

okelah....
kalo blh SARAN:
sekalian cantumkan daftar pustakanya juga dunkz yang falid tentunya(kalo da yg satu paket ma bentuk vancover kan lbh terbantu lg kita2)
xixiii
tapi OKlah

trimz
cikiciew

egi mengatakan...

siipp ..siipp
makasih atas sarannya
berusaha untuk lebih baik lagi
(maklum pemula)
:)