Jumat, 21 Mei 2010

Menjaga Kesehatan Mata

Kulit di sekitar mata merupakan kulit wajah yang paling sensitif karena otot-otot didalamnya cenderung lebih lemah sehingga dapat mudah bereaksi. Reaksi yang muncul biasanya kulit sekitar mata menjadi mengendur, mudah iritasi. Perubahan ini disebabkan oleh bertambahnya usia, konsumsi gizi ataupun penggunaan produk-produk kecantikan mata. Penggunaan krim mata adalah salah satu solusi agar masalah-masalah itu dapat dicegah atau berkurang. Pada umumnya krim mata memiliki kandungan pelembab dan vitamin yang lebih dibandingkan krim pelembab lainnya. Selain moisturizer, krim mata juga mengandung serum ataupun zat lain seperti vitamin E, kolagen, vitamin C yang mampu melawan penuaan khususnya daerah sekitar mata. Penggunaan krim mata yang baik adalah malam hari karena malam hari merupakan waktu-waktu yang tepat untuk perbaikan sel-sel kulit tetapi sebelum menggunakan krim mata bersihkanlah terlebih dahulu make up terutama eye shadow atau eye shadow base. Pembersihan ini dilakukan untuk menghindari iritasi atau gatal-gatal serta rasa pedih.


Pijatan Mata

Banyak orang yang berpikir bahwa pijatan mata merupakan hal yang tidak diperbolehkan karena kesensitifan mata itu sendiri. Namun, hal tersebut tidaklah benar karena mata boleh dipijat tetapi dengan dengan sentuhan atau pijatan-pijatan lembut. Caranya gunakan jari tengah pada kedua tangan kemudian lakukan pengurutan dari bagian tengah kelopak mata kea rah luar. Lanjutkan dengan bergerak ke sudut bagian dalam. Cara lainnya, lakukan pengurutan serupa untuk kelopak mata bagian bawah. Pijat juga perlahan-lahan mulai dari bagian pangkal hidung, dari atas ke bawah. Lakukan gerakan ini secara rutin setiap kali akan tidur.


Perawatan Internal

Mata tidak hanya perlu dirawat dari luar saja tetapi perlu juga dirawat dari dalam yaitu dengan pengonsumsian vitamin C dengan dosis yang tepat.


Kesimpulan :

Untuk menjaga kesehatan dan kecantikkan mata cara yang tepat yaitu :

  • Gunakan pelembab atau krim mata untuk menjaga elastisitas kulit mata pada siang atau malam hari
  • Perbanyak mengonsumsi sayuran, buah, dan air putih
  • Gunakan jari manis saat mengoleskan produk mata, karena biasanya jari manis peling lembut diantara jari-jari lainnya.
  • Tidur dengan posisi terlentang dan serelaks mungkin. Hindari tidur dengan posisi tengkurap karena akan membebani mata
  • Mentimun dan kentang dapat membantu kompres mata an dapat memberikan efek segar pada mata
  • Untuk menjaga krim mata agar tetap segar letakkanlah krim mata itu di tempat yang sejuk seperti lemari es

Sumber Referensi :

Majalah Asian edisi 244/2007

Tidak ada komentar: