Minggu, 25 Oktober 2009

Manusia Oleh Gordon Willard Allport

Menurut Allport, manusia adalah berorientasi tujuan, proaktif dan termotivasi oleh berbagai kekuatan yang sebagian besar berada dalam kesadaran. Seseorang memiliki potensi untuk mempelajari pola perilaku – perilaku baru dan tumbuh selama periode kehidupan mereka. Allport melakukan pendekatan untuk mempelajari keunikan kepribadian individu. Dia percaya bahwa individu yang satu berbeda dengan individu yang lainnya. Organisasi dinamis dalam seseorang yang terdiri dari sistem-sistem psikofisis yang menentukan keunikan penyesuaian dirinya dengan lingkungan.

Dalam pencarian definisi kepribadiannya Allport dengan hati-hati menyadari istilah karakter dan temperamen.

  • Karakter (watak) adalah segi kepribadian yang dinilai. Seseorang sering dinilai memiliki karakter baik atau buruk.
  • Temperamen adalah disposisi yang erat kaitannya dengan faktor biologis atau fisik. Dalam hal ini hereditas memainkan peranan penting dan bersama intelegensi dan fisik membentik kepribadian.

Sifat - Sifat dan Disposisi - Disposisi Personal :

Sifat adalah Kecenderenungan untuk berespons dengan cara tertentu ; tendensi neuropsiki. Sifat bukanlah bentukan konsep abstrak lewat sebuah pengamatan melainkan kenyataan objektif. Selain itu sifat juga bukanlah sekedar eksistensi nominal. Ada 2 pembedaan sifat, yaitu :

  • Sifat umum : ciri-ciri (sifat) yang terdapat pada banyak orang.
  • Disposisi Personal: keunikan-kekhususan (sifat) pada individu

Sifat tidak hanya membimbing suatu tingkah laku tapi juga memulai tingkah laku dan dalam beberapa hal memerankan peran memotivasi yang penting


Sumber Referensi:

Anang Pamangsah, http://pamangsah.blogspot.com/2009/05/keunikan-pribadi-gordon-allport.html

Tidak ada komentar: