Minggu, 11 Oktober 2009

Kecanduan Rokok




Kecanduan ngga mesti sama narkoba atau minuman terlarang aja loh, rokok juga bisa. Rokok adalah sesuatu hal yang menurut saya tidak penting. Mengapa saya berkata seperti itu?? Karena kandungan – kandungan yang terdapat didalamnya hanya bisa menghancurkan tubuh seseorang. Hanya dengan menghisap asapnya saja yang berarti kita menjadi perokok pasif, sudah menimbulkan efek yang berbahaya. Banyak penyakit yang antre untuk masuk ke tubuh kita. Selain itu, sayang juga kan kalau harus membuang – buang uang jika akhirnya dibakar – bakar juga.


Benar kan?? Gambar ini nunjukin kalau kandungan – kandungan yang ada di dalam rokok itu bahan – bahan yang ngga seharusnya masuk ke dalam tubuh manusia. Dari bahan – bahan yang ada, semuanya adalah bahan – bahan yang menurut saya nyeremin banget kalau seandainya ada sedikit aja masuk ke tubuh saya. Iya, walaupun ada sih sedikit manfaat dari rokok yaitu perusahan yang memperkerjakan karyawan yang berasal dari masyarakat kelas bawah sampai menengah. Dan ngga kebayang juga kalau misalnya perusahan tersebut ditutup akibat adanya larangan merokok. Tapi, ngga ada salahnya kan kalau seseorang yang sudah kecanduan rokok mengurangi penghisapan rokok setiap harinya untuk mengurangi racun yang terlanjur masuk kedalam tubuhnya.

Saya punya teman yang benar – benar sudah kecanduan dengan yang namanya Rokok


E : “Dari kapan sih kamu mulai merokok? Dan mulai merokok gara – gara apa?”

F : “Umur 12 tahun. Mulai merokok karena teman main dan rasa pingin tau, rokok itu rasa dan kenikmatannya kayak apa”

E : “Terus pernah ketahuan ngga sama orang tua? Kalau ketahuan tanggapan mereka apa? “

F : “Pernah ketahuan, tapi mereka diem aja, ngga ngmong apa – apa “

E : “Kira – kira awal merokok itu menghabiskan berapa batang iya? “

F : “Ngga tentu, kadang – kadang 1 batang atau bisa juga 6 batang sehari, tapi pernah juga ngga ngerokok sama sekali “

E : “Oowwhh, gtu ..kalau sekarang bisa ngabisin berapa batang “

F : “Minimal sih sebungkus sehari “

E : “Wah, banyak juga iya ..oia, kan kamu tau kalau ngerokok ntu ngga baik buat kesehatan, kenapa masih merokok?? Motivasi kamu ngerokok itu apa sih? “

F : “Sebenarnya ngerokok itu cuma sebagai pelampiasan emosi aja, penenang lah istilahnya “

E : “Rasanya apa kalau sehari aja ngga ngerokok “

F : “Rasanya ada yang ilang aja, ngga enak deh pokoknya “

E : “Pernah kepikiran ngga buat ngga ngerokok lagi? Minimal ngurangin jatah batang setiap harinya “

F : “Pernah, tapi abiez itu ngga bisa, karena itu tadi rasanya ada yang ilang“


Saya pernah baca suatu artikel tentang Terapi SEFT (Spiritual, Emotional, Freedom, Technique). Terapi ini cara untuk menghentikan merokok. Cara dari terapi ini yaitu mengetuk ringan dengan 2 ujung jari atau disebut tapping di bagian tubuh tertentu. Saya juga ngga begitu mengerti gimana caranya. Saya baca d

http://www.kompas.com/read/xml/2008/05/31/15554321/stop.rokok.dengan.terapi.seft. Harapan saya sih semoga banyak orang yang kecanduan merokok menjadi sadar dan berusaha untuk tidak merokok lagi. Lumayan juga kan ngurangin polusi asap rokok.


Sumber referensi gambar :

http://youthcare.files.wordpress.com/2008/08/bastianus-aj.jpg

Tidak ada komentar: