Jumat, 16 Oktober 2009

Ada Sisingaan Dirumahku


Tahukah kamu diatas gambar apa??


Itu adalah gambar Sisingaan. Sisingaan yaitu suatu kebudayaan Jawa Barat yang akhir – akhir ini udah jarang ada,loh. Tapi, beruntungnya waktu hari selasa kemarin saya melihat kesenian itu (beruntunglah bagi saya yang daerah rumahnya diperkampungan). Saat itu, saya sedang bersama kakak saya dan anaknya, duduk didepan rumah sambil menikmati suasana sore hari. Tiba – tiba, sayup – sayup terdengar suara lagu sunda gitu dan langsung saja saya dan kakak saya menjudge bahwa itu backsound dari odong – odong (seperti itulah biasanya orang – orang disekitar daerah rumah kami menyebut Sisingaan). Lumayan udah lama sih kami tidak melihat sisingaan tersebut, kecuali kalau lagi ada yang punya hajat sunatan aja baru bisa lihat itupun tidak semua orang yang punya hajat sunatan mengundang Sisingaan.


Ada beberapa orang yang tinggi berjalan (pakai bambu sekitar 2 meter). Mereka hanya menggerak – gerakan tangan mereka (iyaa ..iyalah ..bayangin aja kalau meliukliukan badannya ..wuiihhh, mungkin bisa jatuh kali iyaa ..hehe), kemudian ada 12 orang yang menggotong singa (sisingaan) yang terbagi atas 3 sisingaan. Mereka menari – nari mengikuti alunan musik dan suara sinden – sinden. Mereka terlihat sangat kompak (sudah terbiasa mungkin iya ..). Walaupun hanya lewat didepan rumah dan tidak sampai 10 menit, saya, kakak saya dan warga yang lain melihat cukup mersa terhibur.


Semoga Kesenian ini selalu tetap ada sampai naaaannttiiii dan tidak diklaim oleh negara tetangga. Amien


Sumber Gambar :

http://www.pasundan.info/video/sisingaan-gotong-singa.html

Tidak ada komentar: