Selasa, 22 Desember 2009

Temperamen yang Manakah Kamu??

Temperamen merupakan lambang dari kepekaan, menurut Immanuel Kant. Ia membagi temperamen itu atas empat bagian, yaitu :

  1. Temperament Sanguinis atau Orang dengan Darah Ringan

Orang dengan darah ringan bukan berarti berat darahnya ringan, tetapi orang dengan temperament sanguinis ini memiliki tingkat kepekaan yang tidak terlalu tinggi. Sifatnya mudah dan kuat menerima kesan, namun tidak mendalam dan tidak tahan lama. Seseorang dengan tipe ini memiliki sifat-sifat khas diantaranya :

· Suasana perasaannya selalu penuh harapan, sering memikirkan segala hal namun tidak lama kemudian cepat juga dilupakan

· Mudah membuat janji, tetapi jarang ditepati

· Suka menolong, tetapi tidak dapat dipakai sebagai tumpuan

· Peramah dan periang

· Soal permainan atau hiburan tipe tempramen sangunis tidak pernah merasa bosan

  1. Temperament Melancholis atau Orang dengan Darah Berat

Orang dengan darah berat sangat memiliki kepekaan yang lebih dibandingkan dengan orang dengan darah ringan. Temperament melancholis cenderung menggunakan perasaannya. Sifat-sifat khasnya:

· Semua hal tentang dirinya dianggap penting dengan disertai kebimbangan

· Tidak mudah membuat janji, namun jika sudah berjanji orang dengan tipe ini akan berusaha menepatinya karena jika tidak menepati janji tersebut ia kan merasa tidak enak hatinya.

· Kurang dapat melihat kesenangan orang lain

· Biasanya tertarik akan kesukaran-kesukaran

  1. Temperament Choleris atau Orang dengan Darah Panas

Tempeprament choleris merupakan orang-orang yang memiliki perasaan mudah tersinggung. Kepekaannya lebih besar dibandingkan dengan ketiga temperamen lainnya. Memiliki sifat-sifat khas diantaranya :

· Mudah tersinggung, namun cepat hilang dan bukan tipe pembenci

· Tindakannya akan sesuatu lebih cepat, tetapi tidak konstan

· Murah hati dan melindungi, bukan karena sayang pada orang lain tetapi lebih-lebih kepada ia ingin mendapatkan penghargaan

· Senang dipuji secara terang-terangan

· Lebih suka memerintah dibanding mengerjakannya sendiri.

  1. Temperament Phlegmatis atau Orang dengan Darah Dingin

Kecenderungan kearah ketidakpekaan merupakan kelemahan dari tipe orang dengan darah dingin. Ketidakpekaan ini menyebabkan adanya kecenderungan ke arah kejemuan. Ciri-ciri khasnya yaitu

· Tidak mudah marah

· Apabila disuruh melakukan sesuatu tanpa alasan yang kuat, orang dengan tipe temperament phlegmatis tidak akan mempedulikannya

· Cocok dalam melakukan penulisan ilmiah


Dari 4 tipe temperamen diatas, menurut Kuis di Facebook, saya merupakan tipe Sanguinis. Setelah saya melihat sifat-sifat khas diatas ada beberapa sifat yang “egi bangget”, misalnya periang dan rame kemudian suka menolong. Namun, ada pula yang bukan sifat saya, misalnya suasana perasaan selalu penuh harap karena terkadang saya merupakan orang yang pesimistis. Selain itu, saya merupakan tipe orang yang menggunakan perasaan saya dalam melihat sesuatu hal padahal sifat ini merupakan tipe temperament melancholis.

Kant menjelaskan bahwa tidak ada tipe temperamen campuran, karena tipe-tipe yang bertentangan tak dapat berkombinasi, misal sanguinis dan melancholis, namun yang saya rasakan tidak sepenuhnya benar sifat-sifat yang dijelaskan oleh Kant merupakan sifat saya. Untuk itu, saya tidak terlalu memikirkan secara berlebihan. Apapun dan bagaimanapun sifat yang ada didalam diri saya, saya selalu mensyukurinya dan apabila terdapat sifat jelek saya (misal pesimis dan egois) berusaha untuk dikurangi atau bahkan dihilangkan, dan berharap siapapun yang berteman dengan saya mau menerima sifat baik dan buruk saya.

Jadi, tipe temperamen diatas termasuk yang manakah kamu??


Sumber Referensi :

Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Kepribadian. Raja Grafindo Persada : Jakarta

Tidak ada komentar: