Minggu, 22 November 2009

Tahukah kamu??

Mengapa saat dilahirkan bayi menangis??


Dikutip dari tabloid Gaul, tangisan dari seorang bayi yang baru dilahirkan adalah bagian dari komunikasi antara si ibu dengan si bayi. Lewat tangisan itu, si ibu tahu atau sebagai indikator bahwa bayi yang dilahirkannya selamat. Tangisan si bayi juga merupakan sebagai penghilang rasa sakit saat melahirkan dan sekaligus penghantar rasa bahagia.

Sementara bagi si bayi, tangisannya merupakan sebagai proses pengambilan nafas untuk pertama kalinya melalui peredaran darah. Tangisan tersebut bisa dibilang bagian dari sirkulasi buat mengirim oksigen ke paru-paru dan tangisan itu membantu membuka paru-parunya si bayi supaya bisa menghirup oksigen. Karena, selama 9 bulan bayi hidup dalam rahim yang isinya hanya air. Kehidupannyapun dihubungkan lewat jantung dan paru-paru buat membantu bayi mendapatkan nutrisi dari darah ibu.

Saat saya membaca kutipan diatas saya teringat ketika keponakan saya yang baru lahir (karena kebetulan saya tidak punya adik) menangis untuk pertama kalinya, saya merasa sangat aneh dan terpaku yang kemudian timbul pertanyaan konyol yaitu darimana seorang bayi belajar menangis seperti itu?? selain itu, saya juga tidak merasa aneh lagi apabila ada seorang dokter atau bidan yang menepuk-nepuk halus pantat bayi agar bayi itu menangis.

5 komentar:

falyh mengatakan...

nah... ntar"kalo sheva nangis jangan heran ya...
baru lahir udah diajarin ko..
hehehe..

Naniie mengatakan...

lucuna..

Aryanti-10508250 mengatakan...

kalau bayinya ga nangis giamana??masa harus di pukul pantatnya atau di cubit sih, kan kasian??

devie wahyu wulandari mengatakan...

kata orang kalo bayi ga nangis2 pas lahir, tandanya si bayi besarnya gagu atau sulit bicara, bener ga si hal itu??

Anonim mengatakan...

iiiiii
lucu banget ...
bgitu y,, gw bru tw"

mana edisi desembernya???