Kamis, 19 November 2009

Sopan Santun

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Sopan berarti tertib pada aturan sedangkan Santun berarti lemah lembut penuh rasa kasihan. Jadi, sopan santun berarti tertib pada aturan disertai dengan perasaan kasihan dan lemah lembut. Menurut saya, sopan santun merupakan suatu adab tingkah laku yang berkaitan dengan aturan yang ada disekeliling individu dengan cara menghargai dan menghormati. Sopan santun selalu berkaitan dengan sikap dan perbuatan yang kita lakukan. Sopan santun juga merupakan suatu landasan apakah seseorang memiliki tingkah laku yang baik atau tidak. Misalnya saja, saat kita menerima sesuatu dari orang lain, dengan tangan mana kita menerimanya?? Jika kita menerima Sesuatu itu dengan tangan kanan berarti kita memiliki sopan santun yang baik begitu juga sebaliknya, karena saat kita menerima dengan tangan kanan berarti kita juga menghargai orang yang telah memberi.

Contoh lainnya yaitu :

  • Anak dengan Orang Tua

Saat akan keluar rumah, anak akan izin kepada orangtuanya (ibu / bapak) dengan cara baik-baik. Cium tangan kedua orangtua atau dengan sekedar izin kata-kata, ex: “bu,pak ..saya berangkat dulu ..”

  • Dengan Saudara yang lebih Tua

Saat berbicara menggunakan kata-kata yang sesuai, memakai bahasa panggilan yang pas, misalnya “mba, mas, kakak, atau lainnya.”

  • Individu dengan Masyarakat

Saat berjalan melewati jalan atau gang yang terdapat kerumunan warga sedang asyik mengobrol, berusaha mengucapkan “permisi” atau kalau malu cukup senyum saja.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Excellent!
org pertama yg gw carii yg udah masukin tugas.

banyakin lagi, ditunggu artikel lainnya"