Minggu, 06 Mei 2012

Komputer dan Psikologi

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.


Kebutuhan komputer pada saat ini sudah menjadi suatu kewajiban.  Karena banyaknya pekerjaan yang membutuhhkan alat canggih dan multifungsi ini. Salah satu bidang yang membutuhkan komputer adalah psikologi.


Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya.
Beberapa kajian ilmu psikologi diantaranya adalah:
1.      Psikologi perkembangan
Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari perkembangan manusia dan faktor-faktor yang membentuk prilaku seseorang sejak lahir sampai lanjut usia. Psikologi perkembangan berkaitan erat dengan psikologi sosial, karena sebagian besar perkembangan terjadi dalam konteks adanya interaksi sosial. Dan juga berkaitan erat dengan psikologi kepribadian, karena perkembangan individu dapat membentuk kepribadian khas dari individu tersebut.
2.      Psikologi sosial
Bidang ini mempunyai 3 ruang lingkup, yaitu :
  •  studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu, misalnya : studi tentang persepsi, motivasi proses belajar, atribusi (sifat) 
  • studi tentang proses-proses individual bersama,  bahasa, sikap sosial, perilaku meniru dan lain-lain. 
  • studi tentang interaksi kelompok, misalnya kepemimpinan, komunikasi, hubungan kekuasaan,kerjasama dalam kelompok, dan persaingan.
3.       Psikologi kepribadian
Psikologi Kepribadian adalah bidang studi psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya, psikologi kepribadian berkaitan erat dengan psikologi perkembangan dan psikologi sosial, karena kepribadian adalah hasil dari perkembangan individu sejak masih kecil dan bagaimana cara individu itu sendiri dalam berinteraksi sosial dengan lingkungannya.
4.      Psikologi kognitif
Psikologi kognitif adalah bidang studi psikologi yang mempelajari kemampuan kognisi, seperti: persepsi proses belajar, kemampuan memori, atensi kemampuan bahasa dan emosi.


 Pekerjaan Psikologi yang Menggunakan Sistem Komputer
1.      Dosen Psikologi
2.      Pasar Research Analyst
3.      Industri / Organisasi Psikolog
4.      Petugas sosial / Pekerja Sosial
5.      Konselor



Sumber Referensi:
www.wikipedia/komputer
www.wikipedia/psikologi
http://www.lolipopdisini.blogspot.com/2012/04/pekerjaan-di-bidang-psikologi-yang.html

Tidak ada komentar: