Selasa, 29 November 2011

Aspek Desain Official Website Untuk Pemerintah, Perusahaan dan Pribadi

PEMERINTAHAN

ASPEK

http://kemdiknas.go.id/

http://idn.mofat.go.kr/

Warna

Website resmi dari Indonesia ini didominasi oleh putih dan biru.

Website resmi dari Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia ini didominasi oleh warna putih dengan disertai bendera dari kedua negara tersebut yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil, namun cukup memberi arti yang jelas.

Letak

Letak menu-menu sudah cukup baik. Pada bagian kiri ada menu Layanan yang mempermudah pengunjung untuk mencari informasi yang diinginkan. Selain itu, terdapat menu berupa Tentang Kemdiknas dan Kontak Kami, hal ini tentu saja lebih mempermudah pengunjung untuk mengerti secara mendalam akan website ini dan menghubungi website ini jika terdapat keluhan atau lain sebagainya.

Letak menu-menu pada situs ini juga baik. Pojok bawah sebelah kiri terdapat informasi perbedaan waktu di Indonesia dengan Repubik Korea. Selain itu, pengunjung juga diberikan informasi akan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan diselenggarakan atas kerjasama dari kedua negara ini. Dilengkapi juga dengan layanan dua bahasa yaitu korea dan bahasa indonesia dengan pilihan di kanan sebelah atas.

Filosofi

Di bagian sebelah kanan pada website ini disertai dengan logo pendidikan “Tut Wuri Handayani” yang merupakan simbol yang sangat terkenal di dunia pendidikan Indonesia.

Filosofi pada website ini tidak terlalu ditonjolkan, hanya terlihat pada penulisan hangul yang menjelaskan bahwa website ini merupakan situs resmi dari Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia.

Fasilitas yang Ada

Terdapat menu-menu yang memudahkan pengunjung mencari informasi di website ini. Selain itu, terdapat menu artikel yang ditulis oleh Ibnu Hamad.

Menu-menu pada website ini lebih secara umum. Namun dilengkapi dengan layanan “Share” yang memudahkan pengunjung berbagi informasi yanng ada di website ini di jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter.

PERUSAHAAN

Aspek

http://www.fajarpaper.com/

http://www.smtown.com/

Warna

Warna yang dominan pada website ini adalah putih. Namun, terdapat pula sedikit warna biru dan hijau sesuai dengan simbol warna perusahaan ini.

Warna yang banyak digunakan pada website ini adalah putih dengan sedikit warna merah muda. Penggunaan warna putih dan merah muda ini terlihat sangat pas, tidak mencolok.

Letak

Halaman awal website ini cukup sederhana. Terdapat foto dengan ukuran cukup besar yang memperlihatkan bahwa mesin-mesin yang digunakan oleh perusahan ini merupakan mesin-mesin yang cukup besar dan luas.

Home pada website ini cukup sederhana. Website ini memperlihatkan gambar-gambar dari artis-artis yang bernaung pada manajemen ini. Pada pojok kanan atas terdapat simbol jejaring sosial Facebook, hal ini dimaksudkan bahwa pencarian informasi akan manajemen artis ini tidak hanya dapat dicari di website-nya langsung tetapi juga dapat dicari di jejaring sosial tersebut.

Filosofi

Logo perusahaan kertas ini terdapat di pojok kiri atas dengan warna simbol perusahaan tersebut yaitu warna biru dan hijau.

Logo perusahaan ini letaknya berada di pojok kiri atas dengan warna merah muda yang terlihat sangat lembut. Terdapat juga slogan “S.M Entertainment The Future of Culture Technology

Fasilitas yang Ada

Fasilitas pada website ini sudah cukup baik dengan layanan yang memudahkan pengunjung mencari informasi namun tidak diimbangi dengan fasilitias bahasa, karena website ini hanya menggunakan bahasa inggris.

Dengan fasilitas gambar-gambar yang terdapat di website ini memudahkan pengunjung mencari informasi tentang artis yang mereka suka. Selain itu, dilengkapi dengan fasilitas pilihan bahasa yang tentunya akan lebih mempermudahkan pengunjung.

PRIBADI

Aspek

http://bambangpamungkas20.com/bepe/

http:/davidarchuleta.com/

Warna

Website pribadi milik pemain sepak bola yang sangat terkenal ini didominasi oleh warna hitam, abu-abu, dan sedikit tambahan warna merah di dalamnya.

Website milik penyanyi dunia ini didominasi oleh warna putih dan sedikit warna hitam.

Letak

Letak menu-menu dalam website ini tidaklah sulit untuk ditemukan. Menu-menu tersebut terletak di atas sebelah kiri. Terdapat pula arsip-arsip tulisan yang telah ditulisnya semenjak desember 2007. Selain itu, terdapat “share twitter” akun jejaring sosial milik Bepe (sapaan sehari-hari) yang menghubungkan dirinya dengan para penggemarnya untuk melakukan percakapan.

Menu-menu ini memiliki letak yang juga tidak terlalu sulit bagi pengunjung. Pengunjung akan segera menemukan menu-menu pilihan yang ingin dicari. Website David Archuleta juga dilengkapi dengan “share twitter” yang juga memudahkan para penggemarnya untuk melihat tulisan-tulisannya dalam jejaring sosial tersebut.

Filosofi

Terdapat lambang garuda dan tulisan Bambang Pamungkas dengan warna merah dan putih. Kedua hal tersebut menandakan bahwa, sampai kapapun ia akan terus membela negara tercintanya Indonesia dalam dunia persepakbolaan. Selain itu di header website ini terdapat pula tulisan “Jangan pernah berhenti bermimpi...! karena mungkin suatu saat nanti mimpi kalian akan menjadi kenyataan” tulisan ini mengisyaratkan pada para penerus bangsa agar jangan pernah lelah bermimpi dan terus bersemangat dalam menggapai impian.

Website ini tidak terlalu menonjolkan kata mutiara, pepatah atau prinsip-prinsip yang digunakan oleh David Archuleta, namun pengunjung akan segera mengetahui bahwa seorang penyanyi yang multitalenta.

Fasilitas yang Ada

Website ini menyajikan berbagai fasilitas yang cukup membuat para pengunjung dimanjakan. Tidak hanya melihat tulisan-tulisan yang dibuat oleh Bepe sendiri, pengunjung juga dapat mengetahui kehidupan pribadinya pada menu “Lebih Dekat”.

Untuk dapat mengakses website ini, pengunjung diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu, pengunjung baru bisa me-login dan menikmati layanan menu-menu didalamnya.

Tidak ada komentar: